Kiat Membuat Blog Jadi Makin Terkenal

Punya blog? Dan ingin blognya terkenal? Pastilah kita semua akan menganggukkan kepala tanda setuju dan menjawab,” Ya!!!” Nah, kemudian pasti pertanyaan yang diajukan berikutnya bagaimana melakukannya?

Kalau benar seperti itu yang ditanyakan, silakan lanjutkan membaca.



Seperti yang aku katakan tadi, aku akan beritahu cara membuat blog cepat terkenal dan meraup sukses besar.  Ini dia kiat-kiatnya…
  1. Buat link ke blog lainnya. Terutama ke blog yang trafficnya tinggi dan topiknya sama dengan blog kita.
  2. Berlombalah jadi yang pertama berkomentar. Karena komentar kita kemungkinan besar pasti akan terbaca oleh pengunjung lainnya.
  3. Pancing mereka untuk berkomentar.
  4. Berkomentar untuk menjalin hubungan. Jangan selalu berkomentar hanya demi kepentingan bisnis saja. Tapi bicaralah seperti layaknya obrolan antar-manusia.
  5. Ijinkan trackback dan link pada tempat berkomentar. Salah satu alasan blogger dalam berkomentar adalah agar bisa membangun jejaring link-nya.
  6. Buat review tentang blog lain. Blog yang telah kita buat review-nya minimal pasti akan mengunjungi blog kita.
  7. Jawablah komentar yang ditujukan pada blog kita. Punya blog berarti kita harus mau berinteraksi dengan blog lain.
  8. Buatlah artikel yang tak lekang dimakan waktu. Maksudnya, yang tidak mudah basi dan dilupakan orang. Tapi yang selalu dibutuhkan orang sampai kapanpun.
  9. Pelihara hubungan baik dengan blog lain. Khususnya dengan blog yang ikut menyumbang aliran traffic ke blog kita karena dari sana salah satu sumber datangnya pengunjung ke blog kita.
  10. Masukkan posting mereka ke social media. Ini cara lain yang bisa kita perbuat untuk memperkuat hubungan. Mereka pasti senang kalau tahu kita membantu menyebarluaskan posting blog mereka ke social media.
Bagaimana komentar masbro sekalian? Atau sampeyan mau menambahkan kiat-kiat lainnya?