Membuat Object Batu dengan 3ds Max

Suatu saat pasti Mas Bro sekalian akan membutuhkan object batu, entah itu untuk membuat desain eksterior, misalnya taman atau kolam dengan latar belakang batu-batuan atau membuat tebing dan sebagainya...



Langkah untuk membuatnya;

Klik panel Create > Geomerty > Standard Primitives > pilih Sphere;


Pada Parameters ubah nilai radius=15


Hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Selanjutnya klik panel Modify > pada Modifier List > pilih Noise;


Pada Parameters > lakukan perubahan nilai pada Noise dan Strength seperti dibawah ini;


Hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Selanjutnya tekan M di keyboard atau tekan Icon Materian Editor untuk membukan jendela Material Editor, beri nama Batu dan klik kotak yang kecil disamping kanan Diffuse;


Pada Material/Map Browser doubel klikpada pilihan Bitmap;


Pilih gambar material batu yang ada pada file bawaan 3ds Max dan klik Open;


Klik Assign Material to Selection > klik Show Map in Viewport  > kemudian tutup Material Editor;


Klik icon Render, tunggu beberapa saat sampai proses rendering selesai;


Hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Selesai;